Virus WannaCry Sudah Sasar Sistem Komputer RS di Jakarta

Komputer di berbagai rumah sakit yang ada di penjuru dunia kini tengah diserang virus jenis ransomware bernama Wanna Decryptor. Di Inggris saja, setidaknya ada 16 rumah sakit yang diserang virus yang kondang dengan sebutan WannaCry itu.

Indonesia pun tak luput dari serangan Wanna Decryptor. Virus komputer itu sudah mulai menyerang RS di Jakarta. Yakni RS Dharmais yang melayani pasien pengidap kanker.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mengungkapkan, komputer di RS Dharmais terserang Wanna Decryptor, Jumat (13/5). PERSI mengimbau rumah sakit anggotanya untuk meningkatkan keamanan komputer rumah sakit.

“Berdasarkan informasi yang langsung diterima Persi dari RSK Darmais, serangan virus tidak merusak data pasien. Tim SIRS telah melakukan pencegahan dan tindakan sehingga serangan virus tidak merusak database pasien dan sistem lain,” ujar Ketua Umum PERSI Kuntjoro Adi Purjanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/5).

WannaCry telah melanda hampir 100 negara di seluruh dunia. Bahkan jaringan National Health Service (NHS) di Inggris telah terkena serangan  ransomware itu hingga data pasien di rumah sakit terenkripsi.

Karenanya Kuntjoro mengingatkan semua rumah sakit untuk mencegah penyebaran Wannacry dengan memperbarui sistem keamanan komputernya. “Mencegah lebih baik dari pada mengobati,” katanya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah mengimbau rumah sakit untuk mewaspadai virus ini. Pemerintah juga tengah melakukan formula penangkalan virus ini agar tidak menyebar ke seluruh rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *