Peretasan termahal? Hacker curi Bitcoin senilai hampir Rp 1 triliun

Kabar buruk baru saja menimpa pengguna Bitcoin, mata uang digital, dimana pusat penukaran Bitcoin Bitfinex di Hongkong baru saja dibobol hacker.

Techworm (03/08) melaporkan bila beberapa orang hacker telah mencuri Bitcoin dari konsumen setara dengan USD 72 juta atau Rp 946,8 miliar dari Bitfinex. Kasus ini bahkan disebut sebagai salah satu peretasan terburuk yang pernah dialami oleh sebuah pusat penukaran Bitcoin.

Tidak aneh bila akhirnya kabar ingin mengguncang publik dan membuat nilai tukar Bitcoin anjlok 20 persen. Bitfinex sendiri masih menghentikan aktivitasnya untuk sementara yang berdampak terhadap penukaran Bitcoin global.

Menurut Reuters, jumlah Bitcoin yang dicuri oleh hacker setara dengan 0,75 persen Bitcoin yang beredar di seluruh dunia. Pihak Bitfinex masih melakukan investigasi akan kasus peretasan tersebut bersama dengan pihak kepolisian.

Terlepas dari itu, masih belum jelas apakah insiden ini akibat ulah orang dalam atau si hacker memang begitu hebat dan bisa mendapatkan akses ke Bitfinex dari luar sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *