ICO guide: bagaimana cara ikut ICO di 2018

Banyak orang di Indonesia yang masih tidak mengerti apa ICO itu. Mereka yang belum pernah main , hanya mengetahui Bitcoin and Etherium. Sedangkan yang baru main , hanya mengetahui coin yang di jual belikan di website trading Indonesia. Padahal , bermain ICO jauh menguntungkan daripada trading Bitcoin.

Apa ICO itu?

ICO

ICO adalah Initial Coin Offering bisa juga diartikan Penawaran Koin Awal. Untuk sekarang saya akan menggunakan ICO. ICO adalah sebuah perusahaan atau team yang punya ide bagus menjual koin mereka untuk mendanai pengembangan proyek Semua perusahaan atau team bisa membuat ‘mata uang’ mereka sendiri , ini yang dinamakan koin atau token.

IPO

Anda pasti pernah dengar IPO (Initial Public Offering ) Atau Penawaran Umum Perdana . IPO adalah sebuah perusahaan menjual saham mereka kepada umum.

Perbedaan nya adalah IPO harus mempunyai perusahaan , sedangkan ICO tidak wajib untuk mempunyai perusahaan , yang penting mereka mempunyai misi /layanan/barang yang bisa diperjual belikan.

Bagaimana cara supaya untung besar di ICO?

Cara untung besar di ICO, anda memerlukan banyak waktu untuk mencari informasi. Informasi bisa dalam bentuk info2 penting seperti partnership ataupun exchanges. Akan tetapi, untuk mengetahui info2 ini tidaklah gampang. Karena itu kebanyakan orang hanya bisa melihat dari visi/misi , partnership , dan whitepaper yang ada di website mereka. Kitapun harus mengetahui project mereka dengan dalam dan apakah project mereka bisa terealisasikan.

Perusahaan yang melakukan ICO biasanya akan memberikan bonus-bonus special kepada investor awal. Bonus-bonus inipun yang bisa menguntungkan bagi investor. Setelah ICO itu selesai, koin yang anda dapat dari perusahaan bisa ditukarkan di trading exchange. Disinilah, anda bisa menjual belikan koin-koin tersebut menjadi bitcoin ataupun ethereum. Biasanya, koin-koin yang selesai ICO dan masuk ke exchange yang ternama contohnya seperti : Binance , Kucoin , Huobi , Bittrex , Bitfinex akan naik banyak dari harga ICO.

Kenapa bisa naik? jawabannya adalah dikarenakan koin-koin tersebut bisa membuktikan mereka legit dan project mereka jalan. Kebanyakan exchange ternama ini tidak akan memasukkan koin-koin yang berbentuk scam ataupun bahaya yang bisa merusak nama baik mereka.

Contoh: Anda beli coin xyz di harga 1000 rupiah selama ICO , andai kata koin ini masuk kesalah satu trading exchange ternama , koin ini lazimnya akan naik harga dari harga ICO. Akan tetapi kenaikan ini juga tergantung dengan kondisi pasar koin dan demand and supply.

Tujuan investor membeli koin-koin tersebut biasanya untuk di perjual-belikan atau menyimpan koin tersebut untuk mendapatkan insentif. Selain itu bisa juga koin tersebut bisa dipakai untuk jasa/barang yang perusahaan itu berikan/jual.

Anda mungkin tidak percaya dengan ini , contoh nyata adalah Bitcoin . Harga  1 bitcoin di 2010 adalah  $0.008 dan di 2018 yakni $9308 . Selanjutnya , Etherium atau juga terkenal dengan ETH menjual 1 eth di $0.316 di 2014 and sekarang harga eth menjadi $700 pada saat saya menulis panduan ini.

Apa yang anda perlukan untuk ikut ICO?

  1. Cryptocurrency
  2. Dompet/wallet
  3. ICO

1.Cryptocurrency

Anda tidak bisa memakai rupiah ataupun uang fiat untuk masuk ICO , hanya cryptocurrency bisa di gunakan untuk ICO. Contoh cryptocurrency yakni: ETH ,BTC, NEO , WAVES , QUANTUM ,dll.

Tetapi , hanya crypto yang terkenal yang diterima untuk bergabung ICO- bitcoin ,etherium dan neo. Saya sarankan untuk membeli etherium karena 90% ICO menggunakan eth dan anda tidak mungkin salah untuk membeli nya.

Di Indonesia , exchange yang terpercaya adalah bitcoin.co.id. Anda perlu membeli Bitcoin dengan rupiah dan menukarkan bitcoin ke etherium.

2.Dompet/wallet

Yang dimaksudkan disini bukan wallet yang ada di kantong anda. Wallet yang dimaksud adalah digital wallet dimana dia ada private key and public key dan cuma anda yang tahu dengan key tersebut.

Private key adalah kunci password yang tidak boleh anda bagikan atau diketahui oleh orang lain. karena apa bila ada orang lain yang mengetahui key tersebut , dia bisa masuk kedalam wallet anda dan mencuri cryptocurrency anda.

Publick key atau lebih dikenal dengan wallet address, adalah alamat yang anda berikan ke orang , untuk mereka mentransfer coin. Dalam tahap orang awam bisa dibilang itu adalah normor rekening anda.

Wallet yang bagus adalah MyEtherWallet(MEW) atau Parity. Saya sendiri menggunakan MEW karena sangat mudah untuk pemula.

Kelebihan Parity dibandingkan Mew adalah Parity mempunyai fitur di mana anda bisa mengaturnya untuk melakukan pembayaran pada jam tertentu. ICO yang saya ikutin adalah ICO luar dan selalu mulai pada dini hari. Parity wallet bisa memungkinkan anda untuk begabung ICO tanpa harus bangun.

Saya harus ingatkan lagi , setelah anda mendapatkan bitcoin atau etherium , anda harus mengalihkan coin anda ke digital wallet yang anda pilih. Anda TIDAK BOLEH mengirimkan BTC/ETH dari bitcoin.co.id.

Mengapa? Bila anda mengirimkan koin dari bitcoin.co.id , anda tidak ikut ICO tersebut. BITCOIN.CO.ID lah yang akan mengikuti ICO.

3.ICO

Setelah anda sudah mempunyai ETH dan wallet , sekarang kamu perlu koin yang sedang menjalani ICO. Bagaimana mengetahui koin yang sedang ICO? Jawabannya adalah dari websites,telegram, forum dan media social.

Situs web yang mencantumkan ICO mendatang dan sedang berjalan:

  1. ICO watchlist
  2. ICO alert
  3. Coin schedule
  4. ICO tracker
  5. ICO rating
  6. ICO bench
  7. ICO list
  8. Smith and crowns
  9. Tokenmarket
  10. ICO drops
  11. Cryptocompare
  12. List ICO

Situs forum:

  1. Reddit
  2. Kaskus
  3. Bitcoin talk

Saya sendiri menggunakan ICO watchlist dan ICO alert. Walaupun situs web diatas menggunakan Bahasa inggris ,namun memakai web tersebut sangat mudah. Yang terpenting , anda harus mencatat dan mengatur jadwal anda. TIME IS MONEY, waktu adalah uang . Di dalam dunia crypto , kalimat ini sangat tepat.

Jangan terburu buru untuk membeli ICO , tidak semua ICO akan menguntungkan anda. Justru banyak ICO yang akan menipu anda , ini namanya scam coin. Mereka akan menguntarkan janjian janjian manis sebelum ICO dan akan menghilang setelah mendapatkan dana .

3.1 ICO gadungan

Ada beberapa cara untuk mengetahui ICO gadungan , salah satu nya adalah memberikan insentif , biasanya akan berupa coin atau tidak ada whitepaper. Whitepaper adalah proposal yang diberitahukan team kepada public. Jadinya public bisa menilai apakah koin tersebut bisa naik apa tidak.

Anda juga harus mempunyai telegram. Hampir semua ICO yang saya ikuti pasti mempunyai telegram chat. Disana anda juga akan mengetahui apakah koin yang anda pilih scam coin apa tidak. Misal nya jumlah anggota mereka sangat aktif dan banyak (>10,000) anda bisa yakin bahwa koin tersebut cukup aman.

3.2Mencari info

Main ICO ataupun crypto bisa dibilang bermain dengan api. Andai kata anda tidak rajin mengerjakan ‘pr’ anda , anda bisa rugi. Setelah anda tertarik dengan ICO itu , anda harus check team mereka , whitepaper dan mencari tau tentang mitra-mitra mereka .

Banyak orang Indonesia yang suka dengan MLM dan insentif. Padahal , itu ada ciri ciri coin sampah, coin yang pasti terjun payung setelah ICO. KENAPA? Karena orang yang mempunyai banyak koin akan melakukan permainan PUMP and DUMP.

Mereka akan pump koin tersebut , dan ini akan menaikan harga dan orang awan lantas akan ikut membeli karena mereka berpikir harga nya akan melambung. Tapi , waktu harga tinggi , orang orang tersebut akan DUMP (menjual) koin mereka . Sudah dipastikan , harga koin tersebut akan dibawah ICO dan anda pasti rugi.

Setelah anda 100% yakin dengan ICO tersebut dan sudah ikut telegram mereka, admin ICO akan memberi tahukan petunjuk bagaimana cara ikut ICO tersebut.

Biasanya , kalian harus ikut KYC process (Know Your Customer) . disini anda harus meberikan photo dan passport photo anda. Kalian harus tahu bahwa tidak semua ICO melakukan ini .

3.3 Public Key

Pada waktu ICO mendekat , mereka akan mengumumkan alamat yang harus anda kirim . Saya ingatkan lagi alamat tersebut adalah public key wallet mereka. Banyak Penipu akan coba menyamar menjadi admin dan spam chat dengan public key mereka.

Berhati-hatilah dengan para penipu , jika anda kirim ke alamat yang salah , anda harus bertanggung jawab . Tidak ada nama nya polisi dan admin tidak akan peduli karena itu adalah kelailaian anda.

Jika anda masih tidak mengerti dengan prosedur tersebut , anda bisa tanya dengan admin di ICO tersebut. Mereka akan sangat senang membantu anda.

Komen dibawah jika anda masih tidak mengerti dengan ICO , saya sangat senang membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *