Facebook Larang Iklan Crypto

Facebook Inc melarang iklan-iklan yang mempromosikan cryptocurrency atau mata uang digital dalam jaringan media sosialnya karena dianggap “terkait dengan praktek promosi yang menyesatkan”.

Dalam blog post resmi Facebook, perusahaan media sosial dengan 2 miliar pengguna tersebut masih memilah-milah iklan mana yang dianggap menyesatkan dan perusahaan yang tidak beritikad baik. Iklan-iklan yang menawarkan produk crypto, termasuk iklan penawaran koin perdana dan binary options, akan dilarang di Facebook dan Instagram, yang masih merupakan anak usaha Facebook.

Facebook mencontohkan iklan yang dilarang berbunyi seperti “gunakan dana pensiun anda untuk membeli bitcoin”. Bentuk lain yang dilarang adalah iklan perdagangan binary option.

“Kami ingin para pengguna kami terus belajar dan menemukan produk dan jasa baru lewat iklan Facebook tanpa khawatir ditipu,” kata Facebook.

Awal bulan ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan tengah mempelajari potensi dan konsekuensi crypto. Para pemain cryptomenganggap ini sebagai sinyal positif dan menghiraukan sisi lainnya. Padahal Mark juga mempertimbangkan konsekuensi negatifnya.

Sejak demam bitcoin melanda, iklan mengenai penawaran koin perdana atau Initial Coin Offering (ICO) semakin marak. Sebagian besar perusahaan ini tidak memiliki bisnis nyata di belakangnya. Regulator di AS, Komisi Sekuritas dan Perdagangan AS, baru-baru ini mendapatkan izin pengadilan untuk membekukan scam ICO oleh AriseBank.

Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka AS juga mengeluarkan surat panggilan pada 6 Desember lalu kepada perusahaan cryptoBitfinex dan Tether. Tether mengklaim koin digital mereka dijamin oleh simpanan dolar mereka, di mana 1 tether = 1 dolar. Diperkirakan ada US$ 2,3 miliar koin tether di dunia tetapi regulator menduga Tether tidak memiliki cadangan uang sebanyak itu untuk menjamin nilai koin digitalnya.

Bitfinex, perusahaan trading bitcoin terbesar,  dan Tether dipimpin oleh orang yang sama, Jan Ludovicus van der Velde. Direktur Tether Phil Potter juga adalah chief strategy officer di Bitfinex. Di akhir 2017, timbul kecurigaan bahwa ada rekayasa antara keduanya untuk meningkatkan harga bitcoin.

Pada hari ini, harga 1 bitcoin turun 8,55 persen ke level US$ 10.151,7, menurut data Coinmarketcap.com. Berdasarkan data Bloomberg, bitcoin sempat turun 31 persen hingga US$ 9.817 pagi ini. Tether juga turun 0,98 persen hari ini. Hampir semua crypto turun hari ini, Ripple terkoreksi 10,89 persen dan Ethereum minus 6,84 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *